Mantap! Toyota Akan Suntik Tambahan Investasi ke Indonesia Rp 28,3 Triliun Diperkirakan Buka Ribuan Lapangan Kerja

Sektor otomotif Indonesia kini terus mengalami pertumbuhan  pesat hingga membuat raksasa otomotif asal Jepang Toyota memberanikan diri untuk menambah investasi ke Indonesia hingga 2024 senilai Rp 28,3 Trilyun.

“Komitmen Toyota menambah investasi sebesar Rp 28,3 Trilyu sampai 2024” ucap Menteri Perindutrian Agus Gumiwang saat acara pelepasan ekspor 2 juta unit Toyota Fortuner di Karawang.

Pertumbuhan investasi sektor otomotif di RI terus mengalami kenaikan yang pesat bahkan tercatat naik hinga 220% pada 2021 dengan nilai Rp 22,5 Trilyun. Hal ini dapat menjadi bukti kuatnya kepercayaan terhadap brand otomotif besar pada pembuatan produk di Indonesia.

Selain itu, Menteri Agus menerangkan bahwa  TKDN di Indonesia rata-rata 20-80% dan Toyota memiliki local content sebesar 75% sehingga banyak mobil produksi dengan nama Toyota namun sebenarnya produksi lokal secara sebagian besar.

Hal ini juga menjadi bukti kuat bahwa produk yang dihasilkan di Indonesia dapat bersaing di pasar dunia.

Semakin besar persentase TKDN tentu akan membuat industri dalam negeri untuk memasok produk brand besar seperti Toyota akan membantu ekonomi Indonesia bertumbuh. Tentunya ini juga akan berdampak bagi terciptanya ribuan ketersediaan lapangan kerja di Indonesia.

Toyota sendiri telah menyatakan komitmennya untuk menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor produk otomotif mereka dan juga percepatan elektrisasi kendaraan dan juga kendaraan hibrid.

Source : kemenperin, ekonomi