Masayoshi Son, Pria yang Berhasil Kalahkan Pemilik Uniqlo Orang Terkaya di Jepang

Selama bertahun-tahun kekayaan pemilik Uniqlo yakni Tadashi Yanai selalu berada di puncak dan menjadikannya sebagai orang paling kaya di Jepang.

Kini gelar tersebut harus lengser karena kekayaan Masayoshi Son, pemilik dari Softbank Group melesat bahkan melampaui kekayaan Tadashi Yanai hingga membuatnya kini menjadi orang terkaya nomor 1 di Jepang.

Son tercatat memiliki harta kekayaan sebesar US45,5milyar dimana melampaui kekayaan orang sebelumnya yakni Tadashi Yanai yang bertahun-tahun tidak pernah terlengserkan sebanyak US$44,1 Milyar.

Masayoshi Son merupakan CEO sekaligus founder dari perusahaan Softbank Corp yang bergerak di bidang teknologi, jaringan telekomunikasi, investasi, perbankan, media dan masih ada beberapa anak perusahaan lain.

Softbank juga merupakan salah satu investor dari perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yakni PT Tokopedia di awal-awal mereka berdiri. Softbank juga tercatat merupakan salah satu investor di Grab dan perusahan marketplace terbesar di China besutan Jack Ma yakni Alibaba Group.

Tak hanya itu, Son juga ditunjuk sebagai Dewan Pengarah Pemerintah Indonesia yang akan memindahkan ibukota ke Kalimantan Timur.

Son sendiri sebenarnya bukan asli warga negara Jepang. Ia merupakan imigran dari Korea Selatan yang ketika dulu sangat miskin dan memutuskan pindah ke Jepang.

Setelah pindah ke Jepang, kakeknya memberikan nama Masayoshi sebagai nama keluarga.

Pada tahun 1981, ia mendirikan Softbank dengan 2 orang karyawan part time. Softbank saat itu merupakan distributor perangkat lunak yang dijual ke konsumen di Jepang. Sejak saat itu, perusahaan terus berkembang hingga tahun 90an ia mulai merambah ke bisnis telekomunikasi.

Son juga sangat amat cerdas dalam menganalisa sebuah perusahaan bisa berkembang lebih jauh sehingga ia sangat banyak berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang kini membesar dan kekayaannya pun semakin melambung tinggi.

Di tahun 2021, ia berhasil mengalahakan pemilik Uniqlo yakni Tadashi Yanai dan kini dinobatkan sebagai orang terkaya di Jepang.