Menteri Pertahanan Jepang Telah Meminta Maaf Atas Tabrakan Antara Kapal Selam MSDF Dan Kapal Komersial

Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo telah meminta maaf atas tabrakan antara kapal selam MSDF dan kapal komersial di lepas pantai barat daya negara itu.

Kapal selam Souryu dan kapal tersebut bertabrakan di Tanjung Ashizuri di Prefektur Kochi pada hari Senin (8/2/2021). Tiga awak kapal selam mengalami luka ringan. Kapal selam itu rusak sebagian.

Berbicara kepada wartawan pada hari Selasa, Kishi mengatakan dia sangat menyesal karena kecelakaan itu menyebabkan kecemasan di kalangan masyarakat. Dia menambahkan bahwa Japan Coast Guard sedang menyelidiki penyebab tabrakan tersebut, dan Kementerian Pertahanan dan JSDF akan bekerja sama sepenuhnya dalam penyelidikan.

Dia juga mengatakan sebuah komite investigasi kecelakaan akan dibentuk di dalam Kantor Staf Maritim kementerian untuk menyelidiki kecelakaan itu dan mencegah terulangnya kecelakaan itu.

Juga pada hari Selasa, menteri transportasi Akaba Kazuyoshi mengatakan kapal komersial itu adalah kapal curah Ocean Artemis yang terdaftar di Hong Kong. Dia menambahkan bahwa tidak ada seorang pun di kapal yang terluka, dan kapal itu dapat menavigasi tanpa masalah.

Dia mengatakan kapal selam itu sekarang terletak di lepas Prefektur Kochi, dan kapal patroli coast guard telah dikirim ke sana untuk penyelidikan bersama dengan MSDF.

Akaba mengatakan coast guard akan ditugaskan untuk mencari fakta dengan mewawancarai awak kapal selam dan menyelidiki kapal selam. Dia mengatakan Dewan Keamanan Transportasi Jepang juga akan melakukan penyelidikan sendiri.

Sc: NHK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here