Menteri Urusan Vaksin Memperingatkan, Agar Tidak Membuang-buang Dosis Vaksin COVID-19

Menteri Urusan vaksin COVID-19 Jepang pada hari Selasa (13/04/2021) memperingatkan pemerintah daerah agar tidak membiarkan dosis terbuang percuma saat negara tersebut memperluas kampanye vaksinasi untuk orang tua.

Peringatan dari Taro Kono datang ketika dia mengungkapkan bahwa pada hari Senin hingga lima dosis vaksin Pfizer Inc dibuang karena pembatalan di menit-menit terakhir.

Kono menyarankan agar otoritas lokal dapat fleksibel dalam menggunakan dosis yang tersedia sebagai akibat dari orang yang membatalkan janji vaksinasi mereka, seperti dengan mengalokasikannya kepada mereka yang berusia 64 atau lebih muda atau mereka yang tinggal di luar kota mereka.

“Tidak masalah, tidak ada batasan (untuk penggunaan seperti itu),” kata Kono pada konferensi pers.

Pada hari Senin, 1.139 orang berusia 65 atau lebih menerima suntikan vaksin sebagai kelompok kedua yang divaksinasi setelah petugas kesehatan, menurut pemerintah.

Di tengah meningkatnya kekhawatiran atas “gelombang keempat” infeksi, pemerintah berusaha untuk mengamankan suntikan vaksin yang cukup untuk sekitar 36 juta lansia dan mengirimkannya ke kota-kota pada akhir Juni.

Tingkat vaksinasi di Jepang tertinggal jauh di belakang negara-negara lain seperti Inggris dan Amerika Serikat karena Jepang bergantung sepenuhnya pada impor untuk pasokan vaksin virus corona.

Sc: Japan Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here