Mentri Pertahanan India Akan Bekerjasama Dengan Jepang

Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo telah setuju dengan Mentri Pertahanan India Rajnath Singh bahwa kedua negara akan bekerja sama untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Kishi melakukan percakapan di telepon dengan Singh pada hari Selasa (22/12/2020) untuk pertama kalinya sejak Kishi menjabat. Mereka berbicara selama sekitar 45 menit.

Mereka sepakat bahwa kedua negara sangat menentang setiap upaya untuk mengubah status quo secara sepihak dengan paksaan atau kegiatan apa pun yang meningkatkan ketegangan. Pernyataan itu tampaknya merujuk pada peningkatan aktivitas China di laut China Timur dan Selatan.

Para menteri menegaskan bahwa kerja sama pertahanan bilateral membuat kemajuan yang stabil. Pada bulan September, kedua negara menandatangani Perjanjian Akuisisi dan Lintas Layanan, atau ACSA, sebuah pakta untuk bertukar pasokan dan dukungan logistik.

Kishi menekankan pentingnya kerja sama yang erat antar negara yang memiliki nilai-nilai dasar seperti demokrasi dan supremasi hukum. Ia menyampaikan idenya tentang mempromosikan kerja sama pertahanan multilateral antara Jepang, India, Amerika Serikat dan Australia

Sc: NHK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here