Meski Perselisihan Belum Usai, Jepang-Korea Selatan Janji Tetap Jaga Keharmonisan Hubungan

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Shung Eui Yong yang bertemu pada Kamis 23/9/21 lalu belum juga berhasil menemukan titik terang terkait permasalahan kedua negara yang tak kunjung usai termasuk kompensasi tenaga kerja di masa perang.

Terlepas dari itu, Motegi dan Chung berjanji akan tetap menjaga dan meningkatkan hubungan diplomatik kedua negara dengan bekerja sama di sektor yang lebih luas.

Diskusi yang berlangsung selama 50 menit tersebut menekankan bahwa kedua negara perlu menciptakan kondisi normal dan bergerak maju dan bisa bekerja sama secara luas.

Menteri Jepang Motegi telah meminta kepada Korea Selatan untuk mengambil langkah yang tepat atas masalah masa perang termasuk kompensasi tenaga kerja di masa perang dunia.

Selain itu, pihak Korea Selatan juga telah menyampaikan kepada Motegi bahwa Korea tetap menentang rencana Jepang yang akan melepaskan air limbah nuklir di Fukushima ke laut lepas. Namun Motegi mengatakan bahwa hal Jepang akan terus menjelaskannya secara ilmiah.

Selain membahas masalah kedua negara, Motegi dan Chung juga berdiskusi mengenai ketegangan terkait menangani Korea Utara menyusul dalam beberapa hari lalu, Korut menembakan rudal ke Zona Ekonomi Ekslusif Jepang.

Meskipun pada beberapa poin yang dibahas belum menemukan titik temu, namun Jepang melihat pertemuan akhir secara positif  dan kedua negara telah melakukan diskusi secara menyeluruh.

Source : KN