Meski Sedikit Tertinggal, Kini Jepang Mulai Perbanyak Infrastruktur Mendukung Pembayaran Cashless

Meskipun sedikit tertinggal dari negara lain, Jepang kini mulai perbanyak alat penunjang agar masyarakat bisa melakukan pembayaran secara digital. 3 perusahana perbankan di Jepang saat ini tengah mengembangkan alat penunjang pembayaran digital digital yang didukung oleh bank sentral dan institusi keuangan negara.

Tidak seperti Korea Selatan dan China yang sudah menerapkan pembarayan digital yang sudah mendominasi pasar, toko-toko di Jepang masih menerapkan pembayaran manual.

Selain infrastrukturnya yang dinilai masih kurang, orang Jepang sendiri yang masih nyaman dengan transaksi menggunakan uang kertas dan koin ketimbang menggunakan digital dirasa akan sulit untuk beradaptasi dengan keuangan digital.

Saat ini dengan adanya pandemi corona menjadi suatu peluang besar untuk mempromosikan pembayaran digital karena lebih aman dan tidak takut tertular virus lewat penukaran uang.

Ketiga perusahaan perbankaan terbesar di Jepang ini rencananya akan meluncurkan sistem pembayaran digital mereka masing-masing dengan cara promosi kepada masyarakat yang tentunya juga berbeda-beda.

Source : YF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here