Mulai 1 Juli 202, Pemerintah Berlakukan Biaya Tambahan Setiap Pembelanjaan dengan Kantung Plastik

Mulai 1 Juli 2020 Pemerintah Jepang akan berlakukan plastik berbayar kepada seluruh toko retail.

Hal ini dibuat agar mengurangi penggunaan plastik yang umum digunakan masyarakat dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahanya menggunakan plastik dalam jangka waktu panjang kepada lingkungan.

Mulai dari toko grosir dan eceran akan diberlakukan aturan ini. Untuk menambah plasik/kantung kresek yang akan membawa belanjaan kita akan dikenai biaya antara 5-10 Yen/ kantung plastik (Sekitar Rp 800-Rp1.500)

Meskipun saat ini sudah ada beberapa toko retail yang memberlakukan plastik berbayar kepada konsumen, kali ini pemerintah juga mengambil langkah dan diberlakukan secara nasional.

Walaupun begitu, ada beberapa kriteria kantong plastik yang akan dibebaskan biaya tambahan seperti misalnya kantung plastik dengan ketebalan 50mm, kantung plastik alami yang dapat hancur dengan sendirinya, serta plastik yang dapat hancur dalam air laut.

Untuk itu, bagi kita yang tidak ingin kena biaya tambahan ini, disarankan untuk membawa kantung belanja sendiri.

Kantung sendiri bisa kita beli di pasar swalayan di Jepang dengan berbagai motif sesuai selera kita. Selain itu kantung sendiri ini juga bisa kita pakai berkali-kali sehingga dapat mengurangi pengeluaran kita untuk membayar biaya plastik.

Source : matcha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here