Nara Punya Cara Baru Untuk Menghentikan Rusanya Memakan Kantong Plastik

Beberapa penduduk di Prefektur Nara telah mengembangkan solusi praktis untuk mencegah rusa melukai diri sendiri dengan memakan sampah plastik yang ditemukan di Taman Nara yaitu tas belanja yang bisa dimakan rusa.

Perusahaan lokal bekerja sama untuk membuat dan mempromosikan kertas khusus ramah lingkungan yang disebut “shika gami” (kertas rusa) yang tidak akan membahayakan rusa, bahkan jika mereka menelannya.

Rusa di taman ini disukai oleh penduduk setempat dan dikenal secara internasional karena mereka yang sopan dan anggun. Pemerintah bahkan telah menetapkannya sebagai kekayaan alam nasional.

Tapi rusa telah menelan kantong plastik dan sampah lainnya yang menumpuk di taman, yang telah berkembang menjadi masalah serius bagi makhluk agung itu, yang menyebabkan sejumlah kematian rusa dalam beberapa tahun terakhir.

Matsukawa mendapatkan ide untuk kertas ramah rusa saat mengunjungi toko suvenir lokal dekat kuil Todaiji untuk pembicaraan bisnis pada musim semi 2019. Dia mendengar dari seorang pejabat kuil di sana bahwa “rusa mati karena tidak sengaja menelan sampah.”

Dia juga mengetahui melalui laporan media bahwa dalam satu kasus plastik ditemukan bersarang di perut rusa.

Sc: asahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here