Ngeri! Tak Hanya Eropa dan China, Krisis Energi Juga Ancam Jepang! Akankah Merembet ke Indonesia?

Krisis energi global juga kini tengah meluas ke negara Eropa hingga China bahkan  kini mengancam Jepang. Krisis energi pun mengganggu sejumlah bisnis hingga tak bisa beroperasi dengan baik.

Pasalnya, harga listrik yang naik level tertinggi dalam 9 bukan terakhir di negara tersebut akibat dipicu oleh naiknya harga minyak, gas dan batu bara mengakibatkan terganggunya pasar energi di Jepang.

Kenaikan harga listrik tertinggi di Jepang ini juga mengingatkan saat jaringan listrik Jepang juga mengalami krisis energi akibat bencana di Fukushima.

Bukan tak mungkin, akibat krisis energi ini akan berdampak pada inflasi global.

Lonjakan harga energi dunia ini juga dipengaruhi oleh meningkatkan permintaan negara dunia terhadap energi demi pemulihan ekonomi yang tumbang akibat adanya pandemi corona namun tak dibarengi dengan pemulihan produksi untuk menyeimbangkan permintaan.

Salah satu yang menjadi pertanyaan apakah akan berdampak pada Indonesia?

PT PLN telah memastikan bahwa pasokan listrik akan tetap mencukupi ditengah kembalinya aktivitas masyarakat.

Menurut Direktur PLN Zulkifli Zaini, melimpahnya pasokan listrik, PLN akan tetap melayani kebutuhan listrik masyarakat untuk aktivitas ekonomi. Bahkan Ia pun menambahkan untuk mengajak masyarakat ikut membangkitkan perekonomian dengan mengoptimalkan penggunaan listrik.  

Source : kontan, katadata