Niat Investasi Bisnis di Indonesia, Buronan Kasus Bantuan Covid Palsu Asal Jepang Berhasil Ditangkap di Lampung

Matsuhiro Taniguchi, ditetapkan sebagai buronan oleh kepolisian Jepang atas dugaan pengajuan  bantuan subsidi covid palsu dari pemerintah berhasil ditangkap di Provinsi Lampung Indonesia setelah bekerjasama dengan otoritas setempat.

Taniguchi diduga menipu bantuan subsidi pemerintah lebih dari 960 juta yen atau sekitar Rp 100 Miliar dan ditetapkan sebagai tersangka sejak Oktober 2020 namun keberadaannya terus hilang.

Tanguchi diduga tak sendiri melakukan kejahatannya tersebut. Ia diduga bersama dengan kelompok setidaknya 10 orang termasuk mantan istri dan 2 anaknya dengan mengajukan bantuan sebanyak 1780 aplikasi palsu bantuan covid pemerintah sejak periode Mei 2020.

Kelompok tersebut mengumpulkan data dan mengurus dokumen agar terlihat relevan hingga berhasil mendapatkan bantuan pemerintah ratusan ribu yen ketika bantuan cair.

Ia ditangkap saat Selasa malam di desa Sri Dadi Provinsi Lampung setelah pemerintah Jepang memblokir paspornya

Saat ini, kepolisian Jepang tengah meminta koordinasi dari otoritas Indonesia agar bisa membawa Taniguchi kembali ke Jepang.

Menurut keterangan warga lokal yang sempat mengobrol dengan Taniguchi, ia ingin berinvestasi di Indonesia di bidang budidaya ikan gurame karena di Lampung cukup terkenal dengan ikan Guramenya di kalangan masyarakat Indonesia.

Warga lokal tak pernah menyangka bahwa pria asal Jepang berusia 47 tahun tersebut adalah pelaku kejahatan kriminal yang tengah dicari kepolisian di negaranya.

Sejak pertama kali datang ke Indonesia pun, Taniguchi mengatakan bahwa kedatangannya tersebut adalah ingin berinvestasi di bisnis ikan dan udang karena cukup potensial.

Source : KN