Niito, Istilah di Jepang untuk Menyebut Seorang Pengangguran

Memang tak salah jika kita menjagokan Jepang sebagai negara dengan produktivitas yang tinggi. Namun bukan berarti pengangguran atau seseorang yang tidak bekerja di sana tidak ada.

Niito (γƒ‹γƒΌγƒˆ), merupakan sebuah istilah serapan dari bahasa Inggris yakni NEET (Not Employement, Education and Training) untuk mengambarkan seseorang yang tidak sedang bekerja, tidak sedang mengikuti pendidikan atau pun pelatihan kerja.

Kata ini sebenarnya datang dari Inggris pada tahun 90an dan populer digunakan di Jepang pada sekitar tahun 97.

Sebenarnya ada istilah lain dalam bahasa Jepang untuk menyebut pengangguran yakni Mugyousha, namun dengan menyebutkan Niito saja sudah cukup untuk menggambarkan seseorang yang sedang menganggur atau tidak berprofesi.

Biasanya Niito akan muncul di kalangan usia yang masih muda di rentang usia 15-35 tahun dimana usia tersebut seharusnya adalah usia produktif bekerja.

Menurut data terakhir tahun 2020, Jepang mencatat adanya pengangguran sebanyak 2,34% dari total penduduk Jepang atau sebanyak 2,9 juta orang.

Sebenarnya angka ini cukup baik dibandingkan dengan tahun 2010 yang mencatat angka pengangguran di Jepang mencapai 5,1%.

Alasan dibaliknya sebenarnya bermacam-macam. Ada orang yang tidak ingin terikat dengan sebuah pekerjaan sehingga bisa hidup bebas seperti yang dirinya inginkan, ada juga tipe Hikikomori atau seseorang  yang memang sangat penyendiri dan enggan untuk berkegiatan dengan orang lain dan ada juga tipe yang sedang bimbang memikirkan masa depan.

Namun jangan salah ya Guys, terkadang Niito muncul dari kalangan orang kaya yang sudah merasa cukup dengan hidupnya sehingga tidak berprofesi menjadi sebuah pilihan untuk menjalani hidup bebas.

Sebenarnya, pemerintah mereka sendiri telah melakukan cara untuk mengatasi ini dengan memberikan program pelatihan khusus, sosialiasi bursa tenaga kerja atau pun pengarahan lainnya. Namun tidak mudah untuk mengubah mindset seseorang apalagi yang sudah memilih untuk tidak ingin memiliki pekerjaan.