Okinawa Berencana Membangun Fasilitas di Pulau Untuk Wisata Peluncuran Luar Angkasa

Pemerintah prefektur Okinawa akan bekerja sama dengan perusahaan untuk memanfaatkan salah satu pulau terpencilnya untuk menjalankan usaha pariwisata luar angkasa.

Bersama PD Aerospace Ltd., perusahaan yang berbasis di Nagoya, pemerintah berencana membangun pusat pengembangan pesawat luar angkasa untuk pariwisata di pulau Shimojishima.

PD Aerospace akan memulai eksperimen penerbangan di landasan pacu di pulau itu paling cepat akhir tahun ini.

Perusahaan berencana membangun gantungan dan fasilitas pelatihan untuk pelancong luar angkasa pada 2022. Di bawah proyek tersebut, para pejabat berharap untuk mulai mengirim 100 orang setiap tahun ke luar angkasa pada 2025 dan meningkatkan jumlahnya menjadi 1.000 pada 2030.

Pesawat luar angkasa tersebut akan dilengkapi dengan mesin baru yang sedang dikembangkan perusahaan, yang akan melakukan penerbangan pulang pergi di ketinggian 100 kilometer dalam waktu sekitar 90 menit.

Penumpang akan mengalami kondisi gravitasi nol selama sekitar lima menit. Biaya perjalanan diperkirakan 14 juta yen per orang.

Shimojishima mulai beroperasi pada 1979 dan terutama digunakan sebagai bandara pelatihan untuk pilot komersial.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pilot lebih sering menggunakan simulator pelatihan, yang mengakibatkan hilangnya pendapatan bandara pulau.

Selanjutnya, pemerintah prefektur berharap bisa mendongkrak pundi-pundi pariwisata dengan mengembangkan pelabuhan antariksa.

Sc: Asahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here