Okinawa Peringati 75 Tahun Pertempuran Sengit ketika Perang Dunia II

Okinawa peringati 75 tahun berakhirnya pertempuran besar pada Perang Dunia II yang menewaska lebih dari 200.000 ribu jiwa.

Peringatan ini diadakan setiap tahun atas pertempuran di Okinawa di jaman dahulu. Sayangnya peringatan ini tidak dihadiri oleh PM Jepang Shinzo Abe dikarenakan wabah virus, namun PM Abe mengirimkan pesan video dalam acara peringatan tersebut.

Tahun ini, karena adanya pandemi yang menyerang di hampir seluruh warga di dunia, acara peringatan ini dipersingkat dan dibatasi. Tahun lalu ada sekita 5000 orang hadir untuk memperingati acara ini.

Awalnya acara ini ingin mengundang gubernur Hiroshima dan juga gubernur Nagasaki yang dulu sempat di hancur dahsyat oleh bom atom yang dilakukan tentara sekutu namun, karena adanya pandemi mereka tidak bisa hadir.

Diperkirakan ada sekitar 94.000 warga sipil seperempat dari populasi di Okinawa dengan lebih dari 94.000 tentara Jepang melawan 12.500 tentara AS yang tewas dalam pertempuran sengit. Pertempuran itu berlangsung selama hampir 3 bulan pada tahun 1945.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here