Omikuji, Kertas Ramalan ala Orang Jepang yang Dipercaya akan Bawa Keberuntungan

Jika kita pernah mengunjungi sebuah kuil di Jepang mungkin kita akan melihat sebuah kertas yang digantung. Sebagai orang asing kita tentu akan bertanya-tanya untuk apa orang Jepang melakukan hal tersebut.

Kertas ini disebut dengan “Omikuji”. Kertas ini bisa kita dapatkan ketika kita mengunjungi sebuah kuil di Jepang. Omikuji biasanya dijual mulai dari harga 100-300 yen (sekitar Rp 10.000-30.000).

Dalam kertas ini akan tertulis sebuah ramalan hidup seperti karir, urusan hubungan asmara, pengharapan hidup dan juga kesialan yang mungkin saja akan dialami.

Orang Jepang biasanya mengunjungi kuil, membeli kertas ini secara acak yang akan kita ambil dalam sebuah tong dan kita tidak bisa melihat apakah isi kertas tersebut.

Jika kita menerima ramalan yang tidak kita inginkan, kita bisa lakukan seperti yang orang Jepang lakukan ketika si kertas omikuji tidak sesuai harapan. Kita bisa mengikat kertas omikuji dengan musubidokoro dan kertas tersebut digantung.

Ramalan yang kurang baik tersebut dipercaya akan berubah menjadi keberuntungan.

Biasanya orang Jepang akan melakukan ini ketika awal tahun baru agar ramalan tersebut benar-benar menjadi sebuah keberuntungan di tahun yang baru.

Namun tidak semua orang juga akan percaya dengan ramalan ini. Kepercayaan ini sudah menjadi tradisi orang Jepang secara turun-temurun dan telah menjadi sebuah kebudayaan di Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here