Orang Vietnam Menduduki Peringkat Jumlah Populasi Orang Asing Terbanyak Kedua Setelah China di Jepang Tahun Lalu

Badan Layanan Imigrasi Jepang menyebutkan ada sekitar 2,89 juta warga negara asing di Jepang pada akhir tahun lalu.

Berdasarkan negara dan wilayah, Tiongkok menempati urutan teratas dengan 778.112 orang, diikuti oleh Vietnam dengan 448.053 dan Korea Selatan dengan 426.908.

Vietnam menyumbang lebih dari 15% dari total, membukukan peningkatan lebih dari 10 kali lipat selama 10 tahun terakhir.

Negara ini untuk pertama kalinya melampaui Korea Selatan, karena lonjakan baru-baru ini dalam jumlah orang Vietnam, terutama mahasiswa dan trainee praktek kerja, yang datang ke Jepang.

Sementara itu, 15.875 warga negara asing diperintahkan meninggalkan Jepang karena melebihi visa dan alasan lainnya tahun lalu.

Hampir 70% dari mereka, atau sekitar 11.000 orang, bekerja secara ilegal, terutama di sektor pertanian dan konstruksi.

Jumlah WNA yang dideportasi sebanyak 5.450 orang. Itu hanya lebih dari setengah dari angka tahun sebelumnya, karena jumlah penerbangan turun karena virus corona.

Warga negara asing yang diperintahkan untuk meninggalkan Jepang seringkali menolak untuk melakukannya dan ditahan untuk waktu yang lama di negara tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Badan Layanan Imigrasi bertujuan untuk memberlakukan undang-undang untuk merevisi kontrol imigrasi dan undang-undang terkait lainnya untuk memungkinkan orang asing tinggal dengan kerabatnya sampai mereka meninggalkan Jepang.

Sc: NHK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here