Organisasi Negara Maju G7 Berjanji Akan Hentikan Pendanaan Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara Internasional

Demi mendukung dunia yang lebih hijau dan merawat bumi, organisasi G7 sepakat akan menghentikan pendanaan hingga akhir tahun ini untuk pembangkit listrik tenaga batu bara internasional.

Ketua organisasi G7 yang kini menjabat yakni Inggris sebenarnya tengah berselisih dengan Jepang karena pemerintah Jepang yang masih memasok batu bara ke negara berkembang dengan alasan ekonomi.

“Kami berkomitmen untuk mengambl langkah konkrest menuju akhir yang mutlak dukungan pemerintah yang tak kunjung berhenti hingga akhir 2021, termasuk melalui bantuan pembangunan, pembiayaan ekspor, investasi, dan dukungan promosi keuangan” ucap para Menteri Lingkungan Hidup organisasi G7.

Menghentikan secara bertahap dukungan pemerintah untuk pendanaan bahan bakar fosil, yang mengeluarkan sejumlah besar gas rumah kaca yang menghangatkan Bumi, dianggap penting untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 C di atas tingkat pra-industri.

Jepang sendiri merupakan negara tertinggal dibanding anggota negara G7 lainnya untuk menghentikan secara bertahap penggunaan pembangkit listrik tenaga batu bara dan juga dikritik akibat masih mengekspor pasokan batu bara ke negara berkembang.

Namun pemerintah Jepang mengatakan bahwa pasokan batu bara ke negara berkembang diakibatkan kondisi keuangan.

Source : KN