Organisasi Pengusaha Jepang Serukan Pemerintah Cabut Larangan Masuk Bagi Orang Asing

Lobi bisnis terbesar Jepang telah menyerukan kepada pemerintah Jepang agar segera mencabut aturan larangan masuk bagi orang asing termasuk bukan penduduk karena kini kasus infeksi domestik di Jepang sebagian besar disebabkan oleh varian baru yakni Omicron.

Ketua Federasi Bisnis Jepang atau Keidanren, Masakazu Tomura mengatakan bahw  hampir 2 bulan sejak pemerintah Jepang memberlakukan pembatasan telah menghambat berbagai perusahaan domestik untuk melakukan  perjalanan bisnis dan negosiasi dengan mitra mereka di luar negeri.

“Memang aturan tersebut adalah keputusan yang baik untuk membuat jaring yang lebar namun tidak ada gunanya mempertahankan tindakan tersebut mengingat Omicron kini telah menyebar dominan di Jepang” ucap kepala Keidanren Masakazu Tomura.

Sejak akhir November tahun lalu, pemerintah Jepang kembali memberlakukan pelarangan masuk bagi pendatang baru dari luar negeri demi mencegah  masuknya infeksi varian Omicron. Larangan tersebut awalnya hanya diberlakukan selama 1 bulan namun kini diperpanjang hingga akhir Februari.

Saat ini, kasus infeksi di Jepang akibat Omicorn telah menyebar luas bahkan data menunjukan lonjakan infeksi di Jepang mencapai angka lebih dari 50.000 kasus dalam 1 hari.

Source : KN