Panasonic Membuat Kotak Ultracold Untuk Menyimpan Vaksin COVID-19

Produsen elektronik terkemuka Panasonic Corp. mengatakan pada 21 Januari telah mengembangkan sebuah kotak yang dapat mempertahankan suhu sangat dingin untuk menyimpan dan mengangkut vaksin COVID-19, salah satu prosedur tersulit dalam program vaksinasi.

Pemerintah Jepang berencana untuk mulai memvaksin pada akhir Februari menggunakan vaksin yang diproduksi bersama oleh perusahaan farmasi AS Pfizer Inc. dan perusahaan biokomersial Jerman BioNTech.

Panasonic mengatakan kotaknya dapat menyimpan vaksin Pfizer pada suhu yang dibutuhkan sekitar minus 70 derajat, serta minus 20 derajat untuk vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan biotek AS Moderna Inc.

Panasonic berencana untuk mulai menyediakan sampel ke perusahaan obat dan bisnis terkait pada awal Maret sebelum menyewakan produk tersebut.

Kotak tersebut akan ditawarkan dalam dua ukuran: 120 liter dan 57 liter. Bahkan di luar suhu 30 derajat, kotak 120 liter dapat menyimpan vaksin pada suhu minus 70 derajat atau lebih rendah hingga 18 hari dengan menempatkan 34 kilogram es kering di dalamnya, menurut perusahaan.

Panasonic mengatakan pihaknya menggunakan teknologi hemat energi yang terkumpul melalui pembuatan lemari es dan peralatan lainnya untuk mengembangkan kotak vaksin.

Alat ini mencegah udara dingin bocor, dan isolasinya terbuat dari busa uretana dan wol kaca untuk meningkatkan kapasitas pendinginan produk, kata perusahaan itu.

Sc: Asahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here