Panitia Olimpiade Akan Perketat Aturan Atlet dan Rombongan dari Negara dengan Kasus Varian Delta Parah Termasuk Indonesia

Pemerintah Jepang dan Panitia Olimpiade mengatakan akan lebih memperketat akses masuk atlet dan rombongan staf yang akan berpartisipasi dalam Olimpiade nanti dari negara yang terkena varian virus Delta yang parah bahkan termasuk dari Uganda dan Indonesia.

Menurut panitia, langkah ini sangat perlu dilakukan mengingat saat ini varian virus Delta telah menyebar luas di berbagai negara termasuk Indonesia dengan penyebaran yang lebih cepat menular.

Menurut informasi dari kepala sekertaris Kabinet Katsunobu Kato, nantinya, setiap rombongan dari negara kasus varian Delta yang parah termasuk atlet dan staf akan menjalani serangkaian pengujian dan karantina yang lebih ekstra.

“Kami akan mengambil langkah cepat dan pembatasan yang diperlukan sambil memastikan para atlet diperlakukan secara adil dalam penggunaan fasilitas pelatihan.” ucap Kato dalam konferensi pers.

Saat ini, mengenai aturan dan detail panitia akan berkoordinasi dengan pemerintah serta IOC demi  yang terbaik bagi seluruh pihak.

Virus varian Delta yang diyakini berasal dari India dilaporkan dapat menularkan virus 1,8 kali lebih cepat menular dari virus corona asli. Saat ini varian virus Delta sedang menyebar di berbagai negara termasuk di 9 provinsi di Indonesia.

Source : JT, KN