PBB Sayangkan Keputusan Pemerintah Jepang Terkait Pelepasan Air Terkontaminasi Nuklir ke Laut

3 dari pakar hak asasi organisasi dunia PBB independen menyatakan keprihatinan mendalam terhadap keputusan Jepang yang akan membuang air yang sudah terkontaminasi di Fukushima karena akan berdampak bagi jutaan orang di kawasan pasifik.

Sekitar 1 juta ton air yang telah terkontaminasi radioaktif jika dilepaskan ke laut akan menimbulkan resiko yang cukup tinggi bagi ekosistem dan hak asasi manusia yang bersangkutan baik dari dalam maupun luar Jepang.

3 Anggota independen PBB yakni Marcos Oreliana, Michael Fakhri dan David Boyd mengatakan bahwa mereka yakin Jepang memiliki solusi alternatif selain membuangnya ke laut.

“Kami ingin mengingatkan Jepang tentang kewajiban nternasionalnya untuk mencegah zat berbahaya yang berdampak bagi lingkungan dari resiko pembuangan air” kata pernyataan 3 anggota independen PBB tersebut.

Jepang sendiri saat ini telah menerima berbagai kritikan dari negara tetangga yakni China dan Korea Selatan yang sangat menentang terkait dengan pembuangan air yang terkontaminasi radioaktif tersebut.

Menurut Jepang, air tersebut harus dilepaskan ke laut demi merekonstruksi komples pembangkit listrik tenaga nuklir dan juga merekonstruksi kawasan Fukushima.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here