Pemakaman Eks PM Shinzo Abe Telan Biaya 250 Juta Yen Tuai Hantaman Pro dan Kontra

FILE PHOTO: A mourner offers flowers next to a picture of late former Japanese Prime Minister Shinzo Abe, who was shot while campaigning for a parliamentary election, on the day to mark a week after his assassination at the Liberal Democratic Party headquarters, in Tokyo, Japan July 15, 2022. REUTERS/Issei Kato/File Photo

Upacara pemakaman kenegaraan untuk mendiang eks PM Shinzo Abe akan menelan biaya sebesar 250 Juta yen atau sekitar Rp 30 Miliar menuai pro dan kontra.

Jumlah biaya tersebut akan dipakai untuk menyewa 4 tempat aula di Nippon Budokan di Tokyo dan tindakan dalam mencegah penularan virus selama acara berlangsung.

Biaya tersebut disebut-sebut belum termasuk biaya keamanan untuk acara 27 September dan sepenuhnya akan diambil dari dana cadangan pada anggaran fiskal 2022.

Hal ini pun menjadikan kritik bagi sejumlah partai oposisi yang akan mengawal pengeluaran biaya tersebut dimana pemerintah juga pernah menghabiskan dana hanya 96 juta yen untuk pemakaman mantan Perdana Menteri Yasuhiro Nakasone pada 2020 lalu.

Menurut PM Fumio Kishida, niat untuk mengadakan pemakaman kenegaraan bagi Shinzo Abe adalah sebagai penghargaan atas rekor selama 8 tahun 8 bulan Abe yang menjabat sebagai Perdana Menteri terlama Jepang dan telah menghasilkan sejumlah kebijakan politik yang bermanfaat bagi Jepang.

Acara pemakaman kenegaraan Abe juga rencananya akan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting politik dunia seperti mantan Presiden Barack Obama, Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga wakil Presiden  AS Kamala Harris.

Source : KN