Pemerintah Jepang Akan Meminta Semua Pendatang Untuk Menyerahkan Hasil Tes Virus Corona Negatif

Pemerintah Jepang akan meminta semua pendatang untuk menyerahkan hasil tes virus corona negatif yang disertifikasi dalam 72 jam menjelang keberangkatan mereka.

Kebijakan tersebut akan berlaku pada Rabu minggu depan, waktu Jepang. Ini kemungkinan akan tetap berlaku sampai pemerintah mencabut keadaan darurat yang saat ini berlaku untuk Tokyo dan tiga prefektur tetangganya.

Selain itu, pendatang akan diminta menjalani tes setibanya di bandara di Jepang.

Pihak berwenang akan meminta orang-orang yang tidak dapat menyerahkan sertifikasi ke karantina mandiri di fasilitas akomodasi yang ditunjuk dan mengikuti tes pada hari ketiga mereka di Jepang.

Bahkan jika tes mengkonfirmasi pendatang tidak terinfeksi, pihak berwenang akan meminta mereka berjanji untuk mengunduh aplikasi pelacakan kontak dan menyimpan catatan informasi lokasi mereka. Pendatang juga akan diminta untuk melakukan karantina sendiri di rumah atau di tempat lain selama 14 hari setelah tiba di Jepang.

Terkait perkembangannya, NHK mengetahui bahwa pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk merevisi undang-undang karantina.

Revisi yang mungkin akan memberikan kewenangan hukum kepada pejabat untuk meminta pendatang di Jepang untuk melakukan karantina sendiri di rumah atau di tempat lain selama 14 hari setelah masuk ke Jepang, dan untuk mengisolasi mereka yang menolak di fasilitas yang ditentukan. Orang yang menolak untuk diisolasi akan menghadapi hukuman pidana, seperti penjara dan denda.

Saat ini, beberapa pendatang tidak mematuhi permintaan karantina sendiri karena tidak memiliki kekuatan hukum.

Sc: NHK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here