Pemerintah Jepang Akan Perpanjang Status Darurat Hingga 20 Juni

Japan's newly-elected Prime Minister Yoshihide Suga arrives at his official residence in Tokyo, Japan September 16, 2020. REUTERS/Issei Kato

Pemerintah jepang akan segera mengumumkan perpanjangan status darurat yang berakhir pada 20 Juni yang mencakup 8 Prefektur yang dianggap masih memiliki angka penambahan virus corona yang tinggi.

Dibawah pemberlakuan status darurat, berbagai bar dan restoran diharuskan memperpendek jam operasional demi mengurangi kerumunan dan juga berbagai acara publik tetap akan dibatasi.

PM Suga rencananya akan mengumumkan perpanjangan masa status darurat pada malam hari nanti.

Okinawa menjadi salah satu wilayah yang baru ditambahkan masuk dalam pemberlakuan status darurat ini.

Menurut Menteri Kesehatan Norihisa Tamura mengatakan bahwa di beberapa daerah telah mengalami penurunan hanya saja penyebaran virus corona tidak bisa diprediksi sehingga status darurat masih diperlukan untuk adanya pembatasan agar menekan penyebaran virus.

Saat ini, pemerintah akan terus mempersiapkan olimpiade yang akan dimulai hanya tinggal beberapa bulan lagi. Dengan pemberlakuan status darurat ini diharapkan dapat menekan penyebaran virus hingga angka penambahan virus bisa terkontrol.

Source : KN