Pemerintah Jepang Kini Pertimbangkan Akan Mencabut Status Darurat Corona di 6 Prefektur

Pemerintah Jepang saat ini sedang mempertimbangkan untuk mencabut status darurat di 6 prefektur sebelum masa status darurat akan berakhir seluruhnya pada 7 Maret mendatang.

Beberapa wilayah yang sedang dipertimbangkan akan dicabut lebih cepat adalah Aichi, Gifu, Kyoto, Osaka, Hyogo dan Fukuoka.

Sayangnya, Ibukota Jepang yakni wilayah di Tokyo belum masuk dalam pertimbangan pencabutan status darurat ini karena penambahan kasus corona yang tak kunjung membaik.

Pencabutan status darurat di wilayah tersebut juga merupakan usulan dari pemerintah prefektur masing-masing yang mengatakan bahwa laju penambahan virus corona kini sudah mulai melambat.

Gubernur Aichi Hidaki Omura juga menyerukan bahwa kondisi Aichi saat ini sudah layak dicabut status darurat corona karena penambahan kasusnya sudah mulai membaik.

Meski begitu, 4 wilayah di Tokyo yakni Saitama, Chiba dan Kanagawa bersepakat bahwa status darurat di wilayah tersebut belum waktunya dicabut karena penambahan kasus masih tinggi.

Perdana Menteri Yoshihide Suga akan terus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Norihisa Tomura dan juga berkonsultasi dengan berbagai ahli medis apakah status darurat di 6 prefektur sudah layak dicabut atau belum.

Saat ini kasus corona di Jepang telah mencapai lebih dari 426 ribu kasus dengan total sembuh mencapai lebih dari 400 ribu orang dan jumlah kematian sebanyak 7541.

Source : mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here