Pemerintah Jepang Pertimbangkan untuk Membuat Aturan Pewajiban Asuransi Virus Bagi Pengunjung Asing Saat Olimpiade

Pemerintah Jepang kini mulai mempertimbangkan agar para pengunjung dari luar negeri yang akan menjadi penonton di pagelaran Tokyo Olimpiade akan diwajibkan untuk mengikuti perlindungan asuransi swasta.

Hal ini dimaksudkan pemerintah Jepang untuk memangkas pengeluaran publik terkait biaya perawatan pengunjung asing yang terpapar virus corona.

Aturan ini telah diajukan oleh dewan parlemen Jepang ke pemerintah beserta aturan pengunjung asing lain selama penyelenggaraan olimpiade seperti menyerahkan laporan status kesehatan dan jaminan tempat tinggal selama di Jepang.

Sejak beberapa bulan lalu pemerintah Jepang telah menyatakan bahwa penyakit virus merupakan penyakit menular dan bagi mereka yang terpapar virus di Jepang dapat ditanggung secara gratis apapun kewarganegaraannya.

Dalam aturan saat ini, pemerintah wajib menanggung hampir semua biaya perawatan pasien dari luar negeri yang ada di Jepang dan berlaku meskipun mereka sudah punya perlindungan asuransi sendiri.

Pemerintah Jepang sendiri setidaknya telah menggelontorkan dana sebesar 288 Juta yen atau sekitar Rp 35 Milyar untuk merawat pengunjung dari luar negeri yang terpapar virus disana.

Dengan pewajiban pengunjung asing untuk mengikuti perlindugan asuransi swasta akan meringankan beban biaya pemerintah.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here