Pemerintah Jepang Setujui Akan Buat Paspor Khusus Bagi yang Sudah Vaksinasi

In this photo illustration the vaccination passport application for COVID-19 displayed on the smartphone screen. In the background, a map with coronavirus cases in the world. (Photo by Rafael Henrique / SOPA Images/Sipa USA)No Use Germany.

Pemerintah Jepang dikabarkan akan segera meluncurkan paspor vaksin yang diberikan kepada orang yang telah menerima vaksin di negara tersebut pada akhir Juli nanti.

“Untuk mempersiapkan penerbitannya segera, pertama kami akan menerbitkan dalam bentuk sertifikat kertas namun juga akan mempertimbangkan dalam bentuk format digital” ucap Kepala Sekertaris Kabinet Katsunobu Kato.

Paspor vaksin ini akan menyimpan data seseorang yang telah menerima vaksin dan akan membantu mereka jika ingin melakuka perjalanan. Hal ini didukung oleh pemerintah demi menghidupkan kembali kegiatan ekonomi khususnya di bidang pariwisata.

Data tersebut mencakup catatan nama, tanggal lahir, nomor paspor, tanggal vaksinasi dan vaksin apa yang digunakan dalam 2 bahasa yakni bahasa Jepang dan Inggris.

Sertifikat ini akan diberikan oleh pemerintah secara gratis.

Selain Jepang, negara di Uni Eropa dan Perhimpunan Bangsa di Asia Tenggara telah memperkenalkan sertifikat vaksin untuk pelancong internasional.

Sejak pertengahan Februari lalu, Jepang telah menggencarkan pemberian vaksin bagi masyarakat yang dimulai dari Tenaga kesehatan, lansia hingga masyarakat umum.

Source : JT