Pemerintah Jepang : Vaksin Bukan Prasyarat Gelar Olimpiade

Juru bicara pemerintah Jepang Katsunobu Kato mengatakan pada Selasa (19/1/21) bahwa vaksin bukan menjadi prasasyarat utama gelaran Tokyo Olimpiade musim panas mendatang.

“Kami akan mempertimbangkan langkah yang tepat agar pertandingan dapat terselenggara dengan aman dan terjamin” kata Kato dalam sebuah konferensi pers.

PM Yoshihide Suga juga tetap berkukuh bahwa Tokyo Olimpiade yang sempat ditunda 1 tahun harus digelar musim panas tahun ini bagaimana pun caranya meski banyak keraguan datang dari publik karena angka penyebaran virus yang terus meningkat setiap harinya.

Dalam beberapa waktu terakhir, Jepang terus mencatat kenaikan lonjakan pasien corona yang sangat signifikan. Pemerintah juga telah kembali memberlakukan status darurat di Tokyo demi membendung penyebaran virus namun lonjakan pasien corona tidak kunjung membaik.

Pemerintah sendiri mengatakan bahwa penyuntikan vaksin kemungkinan akan dimulai pada Februari pertengahan bulan depan. Vaksin ini akan diprioritaskan untuk tenaga medis dan berbagai usia lanjut yang dinyatakan lebih mudah terpapar virus.

Bagi masyarakat umum kemungkinan akan dimulai pada Mei mendatang.

Saat ini pemerintah sedang berkoordinasi dengan para ahli medis untuk meneliti lebih lanjut terkait efek samping penggunaan vaksin.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here