Pengumuman Rencana Pelonggaran Pembatasan Masuk dari Luar Negeri Jepang Akan Digelar Besok

Jepang berencana akan segera memberlakukan  pelonggaran pembatasan masuk dari luar negeri dengan kapasitas perhari 3500 akan dinaikan hingga 5000 perhari yang akan mulai berlaku bulan depan.

Selain itu, pemerintah juga kini tengah mempertimbangkan untuk menghapus persyaratan karantina yang ketat pada saat kedatangan.

Sejak 30 November lalu, pemerintah Jepang telah memblokir kedatangan baru dari luar negeri demi mencegah penyebaran virus varian omicron yang dijadwalkan berlaku hingga akhir Februari ini.

Menurut informasi yang beredar, pemerintah berencana tak akan memperpanjang aturan  pembatasan ketat dari luar negeri dan mulai menerima penduduk non residen pada bulan Maret mendatang.

Aturan pembatasan tersebut juga mendapat kritik dari berbagai negara karena dinilai terlalu keras oleh  kalangan bisnis dan akademis di luar negeri.

Rencananya, PM Fumio Kishida akan segera mengumumkan rencana pelonggaran pembatasan ini pada konferensi pers Kamis besok.

Menurut juru bicara pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno, berbagai permintaan mengenai tindakan pencegahan masuk dari luar negeriĀ  kini sedang dipertimbangkan sesegera mungkin.

Source : KN