Pengunjung Asing Tembus 100.000 Lebih di Bulan Juli, Jepang Optimis Bawa Dampak Positif Bagi Perekonomian

Jepang mencatatkan kedatangan orang asing mencapai lebih dari 144.500 pada bulan Juli lalu dimana ini merupakan 2,8x lipat lebih tinggi daripada bulan Juli tahun 2021.

Kenaikan pengunjung asing ke Jepang ini diharapkan dapat membawa dampak  positif bagi perputaran ekonomi yang sempat lesu 2 tahun ke belakang akibat adanya pandemi corona.

Pemerintah Jepang pun telah kembali membuka kedatangan turis asing dengan skala kecil dengan berbagai persyaratan khusus seperti pengujian corona, vaksin, prosedur visa dan lain lain sejak bulan Juni namun kedatangan turis masih terbilang rendah.

Prosedur yang rumit menjadi masalah utama orang asing yang enggan mengunjungi negara tersebut.

Berdasarkan data imigrasi, jumlah kedatanagan orang asing didominasi oleh orang dari Vietnam sebanyak lebih dari 22.700, Korea Selatan sebanyak lebih dari 20.400 dan China sebanyak lebih dari 14.800 orang dengan berbagai keperluan seperti pemagangan, pebisnis dan juga studi internasional.

Pelonggaran pembatasan corona yang telah diberlakukan pemerintah Jepang kini membuat aktivitas perjalanan internasional perlahan mulai pulih. Cara ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perekonomian.

Source : mainichi