Peringati 76 Tahun Bom Atom Nagasaki, Jepang Serukan Dunia Hindari Pengembangan Senjata Nuklir

Sejak Senin 9/8/21 kemarin, Jepang memperingati hari dimana Nagasaki dijatuhi bom atom oleh sekutu di zaman perang dunia II dan membuatnya menyatakan kalah beberapa hari kemudian.

Sejak saat itu, peringatan penjatuhan bom atom rutin dilakukan oleh Jepang setiap tahun di Hiroshima dan Nagasaki demi mengenang para jasad dan sangat bahayanya penggunaan senjata nuklir.

Sejak bertahun-tahun pun, Jepang selalu menyerukan kepada PBB agar negara di dunia tidak lagi mengembangkan persenjataan nuklir demi dunia yang aman dan damai.

Peringatan 76 tahun bom atom Nagasaki tersebut juga dihadiri oleh PM Yoshihide Suga dan beberapa pejabat setempat serta keluarga korban. Para hadirin yang hadir di peringatan tersebut dibatasi karena adanya pandemi corona.

Dalam pidatonya, PM Yoshihide Suga tetap menyatakan bahwa Jepang tetap menyatakan prinsipnya untuk mewujudkan dunia tanpa persenjataan nuklir.

Jepang yang sebagai satu-satunya negara yang pernah menjadi korban keganasan bom atom akan tetap tegas akan terus berupaya mendorong agar negara-negara di dunia dapat bebas dari persenjataan nuklir dan menghindari pengembangan senjata mematikan tersebut.

Source : mainichi