Perkuat Indo-Pasifik, Jepang Gandeng Kerjasama Pertahanan dengan Jerman

Gelar diskusi, Menteri Pertahanan Jepang dan Jerman sepakat untuk mempererat hubungan dengan kerjasama pertahanan dalam mempertahankan keamanan dan kedamaian terutama di wilayah Indo-Pasifik guna menghadang ketegangan dengan militer China.

Dalam diskusi, kedua negara sepakat mendorong wilayah Indo-Pasifik yang bebas terbuka.

Jepang yang terus gencar membuka mitra pertahanan dengan banyak negara berharap bahwa negara di dunia dapat mendukung satu sama lain dengan berbagi nilai dan pandangan yang sama tanpa harus memicu kembali perang dunia.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan bahwa mitranya pertahannya dengan Jerman tersebut bertukar pandangan yang terjadi di laut China Timur dan Selatan dimana wilayah tersebut terus-terusan diklaim sepihak oleh pemerintah China.

Kedua negara juga sangat menentang terkait dengan isu diduga kuat bahwa China telah melanggar hak asasi manusia terhadap kerja paksa kaum Muslim Uighur di Xinjiang.

Meski begitu, pemerintah China sendiri melalui kementerian luar negeri Wang Yi membatantah isu tersebut dan mengatakan bahwa China sangat menentang Jepang yang mencampuri urusan internal mereka.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here