Pertemuan Ketua DPR AS dan PM Fumio Kishida Bikin China Tembakan 5 Rudal Balistik ke Wilayah ZEE Jepang

Kunjungi Jepang,  Ketua DPR AS Nancy Pelosi bertemu dengan PM Fumio Kishida untuk menyepakati kerjasama perdamaian dan stabilitas di selat Taiwan ditengah menegangnya China yang menggelar latihan militer di wilayah Taiwan.

China sendiri telah menembakan sebanyak 5 rudal balistik ke Zona Ekonomi Eksklusif Jepang  atas kecaman keras pertemuan dengan Pelosi.

Pertemuan dengan Pelosi tersebut PM Kishida berharap agar AS dan Jepang terus memperkuat aliansi bilateral terkhusus untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas terbuka, aman dan damai.

“Kami menegaskan bahwa kami akan bekerja sama untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan tetap terjaga. Perilaku China memiliki dampak serius pada perdamaian dan stabilitas kawasan dunia dan saya menjelaskan bahwa kami menyerukan penghentian latihan tersebut” ucap Kishida kepada wartawan.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi memang melakukan serangkaian kunjungan tur Asia hingga mengunjungi beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Jepang dan juga Taiwan.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan tersebut membuat China mengecam bahwa AS ikut campur permasalahannya dengan Taiwan  hingga menggelar latihan militer di lokasi yang mengelilingi Taiwan. .

Sejak mendarat di Jepang, China setidaknya telah menembakan 5 rudal balistik ke ZEE Jepang sebagai bentuk protes.

Menurut Pelosi, China memanfaatkan kunjungannya tersebut sebagai alasan untuk mengisolasi Taiwan.

Munculnya ketegasan militer China ini juga menjadikan keprihatinan  bersama bagi Jepang dan Amerika yang telah lama bersekutu demi mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas terbuka.

Source : mainichi