Perusahaan Teknologi Korea Selatan Bantu Industri Manga Jepang Alami Kenaikan Signifikan

Selama pandemi, manga Jepang memang menjadi salah satu yang mengalami permintaan yang cukup signifikan karena banyak orang menghabiskan waktu di rumah.

Dibalik itu, ada 2 Perusahaan teknologi asal Korea Selatan yang berkontribusi untuk memperluas penggemar pembaca baru komik sehingga permintaan manga naik cukup signifikan.

Kenaikan permintaan manga tersebut didukung oleh 2 raksasa teknologi Korea Selatan Kakao Corp dan Naver Corp lewat aplikasi Piccoma dan juga Line Manga yang telah menjadi aplikasi seluler dengan penghasilan tertinggi selain aplikasi game.

Piccoma dan Line Manga berbayar ini telah mengalami permintaan tinggi selama pandemi corona.

Line Manga sendiri saat ini dioperasikan dbawah perusahaan Softbank Z Holding.

Piccoma yang telah berhasil melampaui Line Manga, telah berhasil menjadi salah satu aplikasi manga berbayar terlaris di IOS maupun Android.

Dengan sistem berbayar ini sebenarnya terinspirasi dari game berbayar di smartphone dimana permainannya gratis namun beberapa konten tambahan diharuskan membayar sejumlah uang sehingga para pengguna akan lebih condong memilih yang berbayar.

Para pembaca dari aplikasi tersebut biasanya sangat ingin mengetahui apa yang akan terjadi di volume selanjutnya sehingga seringkali harus memilih bayar untuk itu. Konten berbayar tersebut bervariasi mulai dari US$ 4 hingga US$ 6.

Meningkatnya pembaca manga ini tentu akan berdampak pada para pelaku industri manga di Jepang yang juga mengalami peningkatan serta ketertarikan orang dalam menjadi seorang komikus yang tentu berdampak pada perekonomian negara.

Source : JT

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here