Pesawat Militer Jepang Berhasil Evakuasi Bawa 14 WN Afghanistan ke Pakistan

Pesawat militer yang dikirimkan pemerintah Jepang telah berhasil mengangkut sebanyak 14 WN Afghanistan ke negara tetangganya yakni Islamabad Ibukota Pakistan atas permintaan dari Amerika ditengah meningkatnya ketegangan di ibukota Kabul.

Dalam beberapa waktu lalu, Bandara di dekat kota Kabul mendapat serangan bom bunuh diri dari kelompok ISIS yang menyebabkan ratusan warga Afghanistan yang di sekitaran bandara meninggal.

Sebanyak 14 warga Afghanistan tersebut bukan dari staf lokal terkait dengan pemerintahan telah berhasil dievakuasi menggunakan pesawat dari SDF yang dikirim pemerintah Jepang.

Dua pesawat Jepang C-130 dan C2 dikirimkan pemerintah Jepang dalam menjalankan misi evakuasi termasuk warga negara Jepang yang ada di sana.

Misi evakuasi tersebut juga mencakup staf lokal yang bekerja di kedutaan besar Jepang di Afghanistan dan berikut juga dengan keluarga mereka.

Menurut pejabat pemerintah Jepang mengatakan bahwa pesawat militer akan terus bersiaga di sana demi memantau perkembangan di Kabul yang kini telah dikuasai oleh kelompok Taliban.

Source : asahi