Petisi Berisi 100.000 Tanda Tangan Mengecam Ketua Panitia Tokyo Olimpiade Atas Pernyataan Viralnya

Tokyo 2020 president Yoshiro Mori speaks at a news conference in Tokyo, Japan, February 4, 2021. REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Pool

Sebuah petisi online sebanyak lebih dari 110.000 yang menyerukan kecaman terhadap ketua panitia Tokyo Olimpiade atas pernyataannya yang dianggap meresahkan masyarakat.

Beberapa waktu lalu, Yoshiro Mori ketua panitia penyelenggara Tokyo Olimpiade mengatakan bahwa “wanita terlalu banyak bicara” membuat heboh warga Jepang yang mengatakan bahwa tidak seharusnya ketua panitia Olimpiade mengatakan seperti itu.

Mori pun sebenarnya telah meminta maaf atas pernyataannya tersebut namun ia menolak untuk mengundurkan diri dari jabatannya tersebut.

Presiden IOC Thomas Bach juga membuka suara terkait masalah ini dengan mengatakan bahwa permintaan maaf Mori dinilai sudah cukup untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan bahwa pernyataan Mori tersebut akan menghadapi “masalah besar” karena telah membuat publik geram.

Petisi berisi kecaman tersebut bermula dari seorang aktivis mahasiswa Jepang bernama Momoko Nojo ketua dari ormas “No Youth, No Japan”. Ia menilai bahwa pernyataan Mori tersebut sangat tidak pantas.

Hingga kini, petisi tersebut telah mencapai 110.000 tanda tangan secara online.

 Dalam isi petisi, para aktivis meminta kepada JOC untuk mengambil tindakan atas apa yang telah dilakukan ketua panitia olimpiade tersebut termasuk memberhentikan dari jabatanya.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here