PM Jepang Fumio Kishida Desak Pemerintah Korea Selatan Ambil Tindakan Solutif Untuk Perbaiki Hubungan

Perdana Menteri Jepang yang kini menjabat Fumio Kishida menegaskan kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae In untuk inisiatif mengambil tindakan solutif demi menyelesaikan permasalahan kompensasi di masa perang yang tak pernah berakhir.

Sejak diskusi telepon dengan Presiden Moon, PM Kishida telah mendesak Korsel untuk mengambil tindakan cepat dan tepat untuk memperbaiki hubungan bilateral yang sempat dalam situasi yang sangat sulit.

Menurut Presiden Moon, masalah tersebut adalah perbedaan interpretasi hukum seberapa banyak yang dicakup dalam perjanjian bilateral tahun 1965 yang berusaha menyelesaikan masalah klaim yang berasal dari pemerintahan kolonial Jepang di masa perang Semenanjung Korea.

Diskusi yang berlangsung selama 35 menit tersebut juga membahas mengenai kerja sama pertahanan dengan sekutu Amerika untuk menangani serangan nuklir Korea Utara apalagi yang negara tersebut akhir-akhir ini melakukan ujicoba rudal ke ZEE Jepang.

Kishida juga meminta dukungan pada Korea Selatan dalam upaya untuk mengungkap dan mengambil kembali warga Jepang yang diculik Korea Utara pada 1970-an.

Source : KN