PM Jepang Fumio Kishida Tegaskan Pembuangan Limbah Nuklir Fukushima ke Laut Lepas Tak Bisa Ditunda

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan bahwa rencana pemerintah Jepang terkait dengan pelepasan air limbah nuklir di Fukushima tak akan ditunda meskipun ada kekhawatiran dari penduduk setempat.

Saat berkunjung ke fasilitas  pembangkit listrik tenaga nuklir terebut, Kishida mengatakan pemerintah akan bekerja untuk meyakinkan kepada penduduk bahwa teknis pembuangan limbah dilakukan secara aman dan terjamin.

“Saya sangat yakin bahwa masalah air adalah masalah penting yang tak dapat ditunda” ucap PM Fumio Kishida.

Rencananya, pemerintah Jepang akan segera melepaskan air yang terkontaminasi radioaktif di Fukushima tersebut pada musim semi tahun 2023 mendatang.

Rencana ini pun mendapat respon tegas dari beberapa negara tetangga seperti Korea Selatan dan China karena dikhawatirakan dapat mengganggu aktivitas nelayan dan juga ekosistem laut di Samudra Pasifik.

Menurut fasilitas PLTN di Fukushima, penampungan air hanya akan bisa menampung air tersebut hingga akhir tahun depan. Setiap tahunnya, pemerintah Jepang juga terus menggelontorkan anggaran terkait dengan penampungan air limbah nuklir tersebut.

Menurut PM Kishida, pemerintah akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi kekhawatiran terkait pembuangan limbah air ini.

Jepang sendiri juga telah meminta bantuan dari Badan Energi Atom Internasional untiuk memastikan pembuangan limbah air tersebut telah memenuhi keamanan global dan tingkat radioaktifnya di bawah batas legal.

Source : JT