PM Jepang Suga Merencanakan Kunjungan Ke Vietnam dan Indonesia Pada Bulan Oktober

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berencana mengunjungi Vietnam dan Indonesia sekitar pertengahan Oktober dalam perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri sejak menjabat awal bulan ini.

Jika kunjungan tersebut jadi dilaksanakan, perdana menteri Jepang tersebut diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc dan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Suga akan membuat keputusan akhir tentang apakah akan bepergian setelah memeriksa situasi virus Corona di Jepang dan di dua negara Asia Tenggara di mana penyebaran infeksi relatif stabil, menurut sumber tersebut.

Rencana untuk mengunjungi anggota ASEAN datang ketika Jepang berusaha untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan itu di tengah meningkatnya ketegangan antara sekutu keamanan utamanya Amerika Serikat dan mitra dagang terbesarnya China, karena masalah perdagangan, keamanan, dan masalah lainnya.

Di tengah pertengkaran itu, Beijing bertujuan untuk meningkatkan pengaruhnya di antara anggota ASEAN, tetapi beberapa semakin berselisih dengan China atas yurisdiksi di Laut China Selatan sementara yang lain memandang pendekatan garis kerasnya ke Taiwan sebagai masalah.

Vietnam dan Indonesia juga menjadi tujuan luar negeri pertama bagi mantan Perdana Menteri Shinzo Abe setelah ia menjabat perdana menteri untuk kedua kalinya pada Desember 2012. Abe mengejar hubungan ekonomi dan keamanan yang lebih dekat dan Suga diharapkan untuk mengikutinya setelah berjanji untuk meneruskan kebijakan pendahulunya warisan.

Setelah menjadi perdana menteri pada 16 September, Suga telah mengadakan pembicaraan telepon bilateral dengan negara-negara termasuk Amerika Serikat, Korea Selatan, China dan Rusia, tetapi juga berusaha untuk bertemu para pemimpin secara langsung.

Dikenal karena hubungan persahabatan mereka dengan Tokyo, Vietnam adalah ketua ASEAN tahun ini, dan Indonesia adalah anggota G20.

Sc: Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here