PM Kishida Reshuffle Kabinet, Kemenlu China Harap Dapat Perbaiki Hubungan Lebih Baik

Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menyatakan responya terkait dengan reshuffle kabinet yang dilakukan PM Jepang Fumio Kishida.

Menurut Wang, China berharap dapat memperbaiki hubungan bilateral yang sehat dan stabil dengan Jepang dimana akhir-akhir ini memanas akibat permasalahan China dengan Taiwan.

“China mementingkan hubungan China-Jepang dan kami berharap kabinet baru dapat bekerja sama dengan China bekerja sama demi mempromosikan hubungan bilateral untuk berkembang di jalur  pembangunan yang sehat dan stabil” ucap Wang Wenbin saat konferensi pers di Beijing.

Bulan depan, China dan Jepang akan segera menandai peringatan hubungan diplomatik 50 tahun namun suasananya berbeda saat kritik pedas dilontarkan China kepada Jepang yang dianggap ikut campur permasalahan dengan Taiwan yang dikunjungi oleh ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Kritikan kepada Jepang pun dilakukan China dengan menembakan 5 rudal balistiknya ke arah Zona Ekonomi Eksklusif milik Jepang saat mengetahui ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Tokyo bertemu dengan PM Kishida dan menyatakan dukungan terhadap Taiwan.

Dengan adanya Reshuffle kabinet Jepang ini, China berharap agar hubungan dengan Jepang segera kembali membaik.

Source : mainichi