PM Shinzo Abe Sepakat Kucurkan Dana 2,2 Milyar Yen Untuk Bantuan Masyarakat yang Terkena Bencana Banjir

PM Jepang Shinzo Abe mengatakan akan kucurkan dana sebesar 2,2 Milyar Yen untuk tanggulangi bencana banjir di wilayah Jepang Barat.

Uang ini nantinya akan membantu korban banjir dan juga bisnis kecil dan industri pertanian yang terkena dampak banjir. Selain untuk bantuan, bantuan dana ini akan menumbuhkan kembali ekonomi yang terhenti akibat banjir yang melanda Kumamoto, Kagoshima dan lainnya.

Hujan deras sejak Sabtu pekan lalu telah menyebabkan lebih dari 100 sungai di 12 prefektur Jepang Barat meluap hingga membanjiri pemukiman warga. Kumamoto menjadi daerah terparah yang terkena dampak banjir.

Hingga kini bencana banjir ini telah menewaskan sebanyak 70 orang.

PM Abe menginstruksikan pejabat pemerintahan untuk menyusun anggaran pemulihan kota dan infrastruktur senilai lebih dari 400 milyar yen paling lambat  akhir bulan ini untuk daerah-daerah yang terkena dampak banjir sangat parah.

Dalam upaya pemulihan, beberapa pelaku usaha di Jepang Barat mendapat fasilitas tidak perlu memperbaharui izin usaha dan juga mereka yang harus memperpanjang surat izin mengemudi selama bencana.

Hal ini dimaksudkan agar mempermudah kembalinya perputaran ekonomi dalam masyarakat.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here