PM Suga Akan Mengundang Presiden AS Joe Biden Untuk Menghadiri Olimpiade Tokyo

This combination photo, Japanese Prime Minister Yoshihide Suga speaking in Tokyo on Dec. 4, 2020 and U.S. President Joe Biden speaking at the White House in Washington on March 11, 2021. Japan's government announced Friday, March 12, 2021 that Suga will travel to Washington next month for his first face-to-face summit with Biden after he and his entourage complete their COVID-19 vaccinations. (AP Photo, File)

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan pada hari Jumat (26/03/2021) bahwa dia akan mengundang Presiden AS Joe Biden ke Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan ulang pada musim panas ini.

“Tentu saja, saya pikir itu yang akan terjadi,” kata Suga dalam sesi Diet ketika ditanya tentang kemungkinan menyambut Biden ke Olimpiade ketika dia melakukan perjalanan ke Washington bulan depan untuk berbicara dengan presiden.

Menanggapi pertanyaan di panel anggaran majelis tinggi, Suga mencatat bahwa para pemimpin dari G7 telah mendukung Jepang menyelenggarakan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo sesuai rencana.

Bulan lalu, para pemimpin G7 mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa mereka akan mendukung komitmen Jepang untuk mengadakan Olimpiade “dengan cara yang aman dan terjamin musim panas ini sebagai simbol persatuan global dalam mengatasi COVID-19.”

Olimpiade akan dibuka pada 23 Juli, setahun setelah jadwal semula karena penyebaran virus corona. Sementara skeptisisme publik masih mengenai apakah mereka dapat melanjutkannya.

Penyelenggara termasuk Komite Olimpiade Internasional dan pemerintah metropolitan Tokyo, pekan lalu telah memutuskan bahwa penonton luar negeri tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara olahraga global sebagai tindakan pencegahan di tengah pandemi.

Terlepas dari kekhawatiran kesehatan yang mendalam, babak estafet obor Jepang untuk Olimpiade sudah dimulai Kamis (25/03/2021) di Prefektur Fukushima, yang paling terpengaruh oleh krisis nuklir yang dipicu oleh gempa bumi dan tsunami besar-besaran pada tahun 2011.

Sc: Japan Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here