PM Suga Tegaskan Tak Ada Hubungannya Lonjakan Infeksi Corona dengan Penyelenggaraan Olimpiade

Perdana Menteri Yoshihide Suga menegaskan bahwa lonjakan infeksi di Ibukota dalam beberapa hari terakhi tidak ada hubungannya dengan penyelenggaraan Olimpiade karena langkah pencegahan virus telah diterapkan dengan ketat.

Suga mengatakan bahwa langkah pengetatan masuk dari berbagai negara dengan kepentingan Olimpiade dan Paralimpiade telah di kontrol dengan baik dan mencegah adanya kontak dengan publik setibanya di Jepang.

“Kami menerapkan langkah yang menyeluruh, jadi saya percaya Olimpiade bukan penyebab peningkatan jumlah infeksi” ucap PM Suga dalam konferensi pers Jumat kemarin.

Dalam beberapa hari terakhir, Jepang memang mencatat adanya penambahan kasus corona yang tinggi dari total seluruh prefektur. Sejak Kamis 29/7/21 lalu saja dari seluruh prefektur tercatat ada lebih dari 10.693 kasus dalam 1 hari.

Menurut Komite Penyelenggara Olimpiade, hingga kini jumlah kasus yang terhitung selama pertandingan Olimpiade berlangsung ada sebanyak 27 kasus dan telah dipisahkan untuk menjalani karantina.

Pemerintah akan terus melakukan pengetatan terkait dengan kedatangan dari luar negeri untuk kepentingan Olimpiade demi mencegah masuknya virus dari luar negeri.

Hingga Rabu lalu, tercatat ada sebanyak 39.853 yang terdiri dari atlet, media, tamu yang datang dari luar negeri ke Jepang untuk kepentingan Olimpiade.

Source : KN