PM Yoshihide Suga Dijadwalkan Berdiskusi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa Besok

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dijadwalkan akan berdisuki lewat sambungan telepon dengan presiden asal Rusia Vladimir Putin pada Selasa (29/9/20) besok.

Kabarnya, kedua petinggi negara tersebut akan membahas tentang negosiasi bilateral serta berbagai kerjasama ekonomi di masa depan.

Jepang dan Rusia sebelumnya terlibat dalam sengketa wilayah Pulau Kuril berlokasi di paliing atas Jepang dan Selatan Rusia.

Uni Soviet sempat merebut pulau-pulau tersebut usai Jepang yang mengaku menyerah pada perang dunia II tahun 1945 silam. Namun Jepang tidak sepakat karena perebutan wilayah tersebut terbilang sepihak dan penyitaan tersebut adalah ilgal.

Kedua negara juga sempat berdisuksi untuk melaksanakan beberapa proyek pembangunan ekonomi bersama di pulau tersebut.

Perdana Menteri yang menjabat sebelum Yoshihide Suga yakni Shinzo Abe telah berdiskusi dengan Presiden Putin mengenai masalah ini yang akan didiskusikan lebih lanjut di masa depan.

Dalam beberapa hari terakhir, PM Yoshihide Suga telah berdiskusi dengan beberapa petinggi negara lainnya seperti presiden AS, PM Australia, PM Inggris, PM India, Presiden Korea Selatan dan Presiden Cina.  

Selanjutnya, PM Suga juga dijadwalkan akan berdiskusi dengan Presiden asal Prancis Emmanuel Macron untuk membahas kerjasama bilateral.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here