PM Yoshihide Suga Janji Selesaikan Vaksinasi Penduduk Hingga November, Kapan Border Dibuka?

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengungkapkan janjinya bahwa pemerintah akan terus bergerak cepat agar dapat menyelesaikan vaksinasi hingga bulan November nanti.

Pemerintah Jepang menargetkan setidaknya lebih dari 40 juta orang telah menerima vaksin hingga akhir Juni nanti dan sebelum penyelenggaraan Olimpiade.

“Kami harap bisa melengkapi semua warga terkait vaksinasi mulai Oktober hingga November tahun ini” ucap Perdana Menteri.

Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kapasitas penyuntikan vaksin pada masyarakat meski saat ini, pemerintahbanyak menerima kritikan terkait lambatnya dalam pemberian vaksin ketimbang negara maju lainnya.

Vaksin Pfizer yang digunakan mayoritas Jepang  telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak dengan usia 12 tahun ke atas sementara vaksin besutan Moderna kabarnya telah diizinkan digunakan untuk anak muda dengan usia 18 tahun ke atas.

Sejak awal Februari lalu, pemerintah telah menargetkan pemberian vaksin kepada seluruh tenaga medisyang berjuang di garis depan dan juga populasi lansia. Saat ini beberapa akses vaksin telah bisa diberikan ke tempat kantor kerja dan juga kampus.

“Situasinya kini sangat berubah sejak vaksinnya tersedia. Kami akan terus melakukan yang terbaik” ucap PM Suga.

Dalam persiapan Olimpiade, pemerintah juga akan gencar memprioritaskan pemberian vaksin kepada atlet yang akan berlaga di pertandingan nanti.

Pembukaan pembatasan warga asing yang akan masuk ke Jepang akan diprioritaskan untuk berbagai tamu luar negeri seperti staf Olimpade termasuk staf  IOC, pelatih, rekan media internasional serta petinggi organisasi olahraga.

Source : JT