Presiden Jokowi Dijadwalkan Terbang ke Jepang Temui PM Fumio Kishida Bulan Ini, Apa Agendanya?

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan segera melakukan kunjungan kerja ke Asia Timur termasuk Jepang pada bulan ini.

Selain Jepang, Jokowi juga rencananya akan berkunjung ke China dan Korea Selatan bertemu dengan masing-masing  pemimpin negara tersebut.

Wacana kunjungan Asia Timur ini muncul disaat Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pertemuan KTT G20 pada November mendatang. Presiden Jokowi sendiri telah mengundang Rusia dan Ukraina untuk datang ke pertemuan G20.

Indonesia sendiri telah mencoba memainkan peran sebagai jembatan antara konflik Rusia dan Ukraina dengan berkunjung ke 2 negara tersebut bulan lalu hingga menjadikan Jokowi sebagai kepala negara pertama dari Asia yang mengunjungi kedua negara tersebut.

Presiden Jokowi dan PM Fumio Kishida terakhir bertemu pada akhir April lalu di Istana Bogor Indonesia dengan agenda pembahasan serangkaian kerjasama dan menyatukan visi demi mewujudkan kawasan Indo-pasifik yang bebas terbuka.

Melansir keterangan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, kunjungan Presiden Jokowi dan Menlu Retno Marsudi kali ini adalah untuk membahas serangkaian kerjasama bilateral infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia dan hubungan diplomatik lainnya.

Source : KN