Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut Perjanjian Damai dengan Jepang Adalah Omong Kosong

Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan bahwa Rusia dan Jepang belum menandatangani perjanjian damai usai perang dunia II terlebih menurut Putin, Jepang terus berubah-ubah dalam pembicaraan yang tidak relevan.

Saat berbicara di Vladivostok Rusia, Putin menyatakan keprihatinan atas pasukan AS yag memasang sistem rudal di tanah Jepang di dekat perbatasan Rusia.

Puttin berpendapat bahw hubungan militer antara Jepang dan Amerika menyulitkan Rusia dan Jepang menandatangani perjanjian perdamaian perang dunia II.

Jepang dan Rusia juga terlibat dalam sengketa pulau di wilayah utara Hokkaido yang juga disebut dengan pulau Kuril oleh Rusia.

Putin mengatakan bahwa negara tersebut berulang kali menyetujui kerja sama di pulau tersebut namun Jepang terus berulang kali merevisi sikapnya.

Rusia mengklaim 4 pulau di wilayah utara Hokkaido merupakan miliknya dan secara sah telah mendapat pulau tersebut setelah Jepang menyerah pada 1945.

Namun Jepang mengatakan bahwa pulau tersebut disita secara ilegal oleh Rusia dan seharusnya masih menjadi hak milik Jepang.

Source : KN