Presiden Terpilih AS Joe Biden Akan Menjadi Kunci Kebuntuan Solusi Pertengkaran Jepang dan Korea Selatan

Penyelesaian pertengkaran tak berujung antara Jepang dan Korea Selatan terkait penuntasan kompensasi tenaga kerja hingga kini belum juga menemukan titik terang meski presiden terpilih Joe Biden mendesak agar kedua sekutu AS tersebut memperbaiki hubungan.

Para analis politik mengatakan bahwa Presiden terpilih AS Joe Biden akan memainkan peran sebagai mediator di belakang layar sama seperti yang dilakukan oleh Barack Obama pada tahun 2015 lalu terkait penyelesaian Jepang-Korsel yang berseteru soal kompensasi tenaga kerja dan saat itu, Joe Biden menjabat sebagai wakil presiden dengan Barack Obama.

Menanggapi AS yang harus mendorong agar kedua sekutu AS terbesar di Asia tersebut damai, mereka perlu memperbaiki mindset kedua negara terkait perbedaan pendapat soal kompensasi tenaga kerja di masa perang yang menjadi inti permasalahan.

Seorang diplomat senior Jepang juga telah menyerahkan kepada presiden terpilih Joe Biden untuk membantu memperbaiki hubungan antara Jepang dan Korea Selatan.

Meski begitu, diplomat Jepang tetap menegaskan bahwa Jepang akan tetap berdiri pada pendiriannya soal sikap perselisihan yang sudah selesai pada perjanjian bilateral Jepang-Korsel tahun 1965.

Mereka juga menegaskan bahwa mereka tidak akan terima terkait pengadilan tinggi Korsel yang memberikan putusan sepihak unuk menyita dan melikuidasi aset perusahaan Jepang di Korsel untuk menutupi kompensasi tenaga kerja.

Perdana Menteri Jepang yang saat ini menjabat Yoshihide Suga dalam pidatonya telah menyatakan bahwa Jepang akan terbuka untuk diskusi bersama dan menyerahkan kepada Korsel untuk upaya memperbaiki hubungan dengan Jepang.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here