Presiden Vladimir Putin Nyatakan Siap Dialog dengan Jepang Terkait Perjanjian Damai Sengketa Teritorial

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan siap bertemu dan berdiskusi hangat dengan pemerintah Jepang melanjutkan pembicaraan Jepang menuju perjanjian damai pasca perang dunia.

Kabar tersebut diungkapkan oleh Putin pada konferensi pers yang digelar online.

Putin juga nyatakan siap berdiskusi terkait dengan sengketa daerah teritorial Jepang yang melibatkan Rusia yakni pulau di bagian utara Hokkaido yang dikenal dengan nama Kuril Island atau di Jepang disebut dengan Chishima.

Meskipun Rusia yang telah melakukan amandemen konstitusi yang telah berlaku sejak Juli tahun lalu yang melarang negara tersebut mentransfer wilayah kepada negara asing, namun Putin tetap bersedia bertemu dengan Jepang.

Rusia menginginkan bahwa Jepang mengakui pulau Kuril yang terletak di bagian selatan Rusia tersebut karena menurut Rusia pulau tersebut sudah diambil secara sah dari Jepang tahun 1945 pasca perang dunia 2.

Namun Jepang membantah bahwa pengambil alihan pulau tersebut diambil secara ilegal oleh Rusia.

Saat 2018 ketika PM dijabat oleh Shinzo Abe, Rusia dan Jepang sepakat untuk menigkatkan negosiasi perjanjian damai berdasarkan deklarasi bersama tahun 1956 yang ketika itu nama Rusia bekas Uni Soviet.

Saat September tahun lalu, PM Suga telah berdiskusi dengan Presiden Putin melalui telepon dan mengatakan bahwa Jepang inginkan adanya dialog langsung untuk menyelesaikan sengketa teritorial dengan Rusia.

Bahkan keduanya mengatakan bahwa pertikaian soal teritorial harus diselesaikan secepatnya dan tidak boleh dibiarkan ditangani oleh generasi selanjutnya.

Source : KN