Produsen Mobil Jepang Honda Siap Rilis Mobil AutoPilot Level 3 Pertama di Dunia

Saat ini, para produsen otomotif sedang berlomba untuk menciptakan sistem autopilot pada kendaraan. Ada 5 tingkatan level dalam kendaraan autopilot dimana semakin tinggi level maka tidak lagi diperlukan pengemudi karena sistem telah bisa mengendalikan kendaraan secara keseluruhan.

Saat ini, sistem autopilot kendaraan mobil hanya sampai di level 2 dimana pengemudi masih diharuskan memegang kendali jika terjadi suatu keadaan yang tidak bisa dikenali oleh sensor.

Namun, pabrikan mobil asal Jepang Honda dikabarkan siap meluncurkan mobil terbarunya yang disematkan sistem autopilot level 3 yang merupakan pertama di dunia.

Sistem autopilot level 3 ini memungkinkan pengemudi lebih leluasa karena sistem dapat secara pintar lebih mengenali situasi jalan raya ketika sedang berpergian.

Kabar tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Kementerian Transportasi Jepang dimana kendaraan besutan Honda ini akan menjadi yang pertama dengan sistem autopilot level 3.

Honda sendiri mengatakan bahwa mobil dengan sistem autopilot level 3 tersebut rencananya akan mulai diperkenalkan ke publik pada Jumat pekan ini.

“Teknologi otonom berpotensi untuk mengurangi beban pengemudi sekaligus menghilangkan kesalahan manusia yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas” kata Yoichi Sugimoto kepala insinyur eksekutif Honda.

Rencananya, Honda hanya akan menawarkan mobil canggih ini sebanyak 100 unit dengan harga jual eceran sebesar 11 juta yen atau sekitar Rp 1,5 Milyar dengan perawatan dan suku cadang selama 3 tahun.

Sayangnya, pihak Honda tidak membeberkan apakah mobil ini akan masuk di luar negeri atau tidak.

Karena sistem ini merupakan sistem baru, teknisi untuk merawat mobil ini juga perlu teknisi khusus yang telah disertifikasi pemerintah untuk menangani kendaraan berbasis otonom.

Pemerintah Jepang sendiri memang sangat mendukung perkembangan mobil  Seld-driving dengan mengatur dalam undang-undang lalu lintas yang telah berlaku pada April tahun lalu. Aturan ini juga memungkinkan kendaraan otonom level 3 bisa berjalan di jalanan umum.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here